Selasa, 11 Juni 2019

Drop Cap 
Drop Cap berfungsi untuk membuat tulisan lebih besar daripada yang lainnya. Drop Cap biasanya digunakan pada saat permulaan teks, segingga teks pertama tampak lebih besar. Drop Cap sering kita jumpai di surat kabar, seperti koran, majalah dan lain sebagainya.
Langkah-langkah dalam pembuatan Drop Cap :
1. buka Microsoft Word
2. ketik terlebih dahulu teks atau kalimat yang ingin dibuat.
3. lalu blok hurup pertamanya.
4. kemudian klik "Insert" pada menu bar microsoft word, setelah itu klik "Drop Cap"
5. lalu pilih "Dropped"

Columns
Columns berfungsi untuk mmebagi tulisan menjadi beberapa bagian, sehingga dalam satu lembar terdapat tulisan yang dibagi-bagi menjadi sebuah kolom.misalnya dalam pembuatan jurnal menggunakan tulisan 2 kolom, jadi kita bisa menggunakan fungsi tersebut.
Lamgkah-langkah dalam pembuatan columns :
1. buka Microsoft Word  yang sudah berisi tulisan atau artikel.
2. blok tulisan yang ingin dibuat kolom.
3. kemudian klik menu "Page Layout", lalu pilih menu "Columns" pada group "Page Setup".
4. setelah itu pilih Two untuk membgai 2 kolom, Three untuk membagi 3 kolom, Left untuk membagi kolom dengan ukuran lebih kecil dibagian kiri dan Right untuk membagi kolom dengan ukuran lebih besar dibagian kanan.
5. untuk mengedit kolom yang sudah dibuat, silahkan ulangi langkah no. 3 dan pilih More Columns.
6. edit kolom sesuai dengan keinginan masing-masing.

Header & Footer
Header merupakan bagian paling atas pada sebuah dokumen word. sedangkan footer merupakan bagian paling bawah pada dokumen word, dimana pada bagian ini biasanya sering dimasukkan dengann page number (nomor halaman).
Langkah-langkah pembuatan Header :
1. pertama buka Microsoft Word
2. lalu atur kertas dan atur ukuran margin yang akan kalian gunakan.
3. setelah itu masuk ke menu "Insert". lalu klik "Header" serta pilih tema yang akan kalian gunakan.
4. kemudian kalian ubah Pick The Date menjadi tanggal pembuatan dokumen dan ubah juga  Type The Document Title menjadi judul yang kalian inginkan.
5. setelah tulisan dan keterangan tersebut telah berubah, silahkan klik 2 kali pada bagian apenulisan dokumen.

Langkah-langkah pembuatan footer :
1.cara yang pertama masih sama dengan pembuatan header, tetap dimenu "Insert" dan klik "Footer" lalu pilih tema yang ingin kalian gunakan.
2. cara yang kedua sama halnya dengan langkah pembuatan header, silahkan ganti tulisan yang ada di template, kemudian klik 2 kali pada bagian teks dokumen.

Clip Art dan Watermark
Clip Art berfungsi untuk menyisipkan suatu gambar yang ada pada menu clip art. sedangkan watermark berfungsi untuk menandai atau memberikan identitas tertentu di setiap lembaran dokumen.
Langkah-langkah dalam pembuatan clip art :
1. siapkan dokumen yang akan disisipkan clip art.
2. tempatkan kursor pada posisi clip art akan di tambahkan.
3. lalu klik "Insert"
4. kemudian pada kelompok "Ilustrations" klik "Clip Art".
5. Klik rombol Go ketika muncul clip art pada bagian sebelah kanan.
6. kemudian pilih clip art yang ingin digunakan.
7. lalu klik insert untuk memasukkan ke dalam dokumen.

Langkah-Langkah pembuatan watermark :
1. siapkan dokumen yang akan diberikan watermark.
2. kemudian klik "Page Layout" lalu pilih "Watermark"
3. jika ingin menyesuaikan watermark yang kalian inginkan, klik "Custom Watermark"
4. lalu pilih "Text Watermark" jika ingin mengedit text atau tulisan sesuai keinginan masing-masing.

Page Border
Page border aadalah garis pe,batas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kertas Microsoft Word.
Langkah-langkah pembuatan page border :
1. buka microsoft word
2. klik "Page Layout" pada menu bar.
3. lalu pada group "Page Background" pilih "Page Border".
4. setelah itu pada bagian setting, pilih bingkai yang diinginkan. 
-None artinya tidak memberikan bingkai pada halaman. 
-Box  artinya memberikan bingkai pada seluruh halaman. 
-shadow artinya memberikan bingkai pada halaman dengan efek bayangan. 
-3-D artinya memebrikan bingkai dengan efek 3-D pada halaman. 
-Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertent.
4. kemudian buat juga pengaturan pada style, color, widht dan art.
-Style berfungsi untuk mengatur model dari baris border yang akan digunakan.
-Color berfungsi untuk memberikan warna dari garis border yang akan digunakan.
-Art berfungsi untuk memberikan bingkai dengan motif atau model tertentu.
5. setelah itu buat juga pengaturan pada Apply to :
-Whole document berfungsi untuk mengatur bingkai pada semua halaman.
-This section berfungsi untuk memberikan bingkai pada halaman yang dipilih.
-This section-First page only berfungsi untuk memberikan bingkai dihalaman pertama.
-This section - All except first page berfungsi untuk memberikan bingkai pada semua halaman kecuali halaman satu.
6. klik OK

Smart Art
Smart Art berfungsi untuk menyisipkan atau menampilkan diagram atau bagan pada lembar document.
Langkah-langkah dalam pembuatan smart art :
1. buka microsoft word.
2. klik "Insert" kemudian pilih "Smart Art".
3. lalu pilih hiearchy, dan tetntukan format diagram yang diinginkan.
4. sedangkan untuk mengganti teks, silahkan klik pada tanda panah yang ada di sisi kiri, lalu pilih teks yang akan diubah.
5. untuk menambahkan diagram, silahkan klik pada diagram yang akan ditambah dan klik "Design" kemudian klik "add shape".
6. untuk mengubah warna diagram, silahkan aktifkan diagram dan klik "Design" kemudian klik "cange collor".

Footnote dan Comment
 Footnote adalah catatan kaki yang merupakan daftar catatan atau keterangan yang disertakan dibagian bawah dokumen word. Sedangkan comment adalah menambahkan catatan atau memberikan komentar pada kata atau kalimat tertentu.
Langkah-langkah dalam pembuatan footnote :
1. Buka dokumen yang ingin diberikan footnote.
2. Letakkan kursor pada bagian yang ingin diberikan keterangan.
3. Lalu klik "References – Insert Footnote"
4. Kemudian isi keterangan atau referensi yang diinginkan.

Langkah-langkah dalam pembuatan comment :
1. Siapkan dokumen.
2. Kemudian blok kata atau kalimat yang ingin diberikan komentar.
3. Lalu klik "Review".
4. Dan pilih "New Comment".
5. Ketik catatan atau komentar yang ingin diberikan.
6. Kemudian simpan file.


Baca juga: https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1 Membuat daftar isi dengan tabulasi dan table contents microsoft word




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Diana Febriyanti - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -